10 Mitos Jadul dan Paling Terkenal yang Dipercaya Secara Turun-Temurun. Siapa yang Nyebarin sih?

mitos-jadul-paling-terkenal mitos-jadul-paling-terkenal

Pernah nggak sih kamu dengar ada sebuah pepatah mengatakan bahwa, “Makan nasi itu harus dihabiskan biar nanti nasinya nggak nangis,” saat ngobrol bareng orang tua? Pasti pernah, kan? Nah, usut punya usut, ternyata mitos itu telah berlangsung dan dipercaya sejak dulu kala lo. Tujuannya nggak lain biar kita nggak buang-buang konsumsi secara percuma.

Rupanya setelah ditelisik lebih lanjut, ada berlebihan banget mitos serupa yang beredar di masyarakat dari zaman dulu santak sekarang. Tentunya dengan makna yang Berbantah-beda juga. Beberapa di antaranya bahkan ada yang tetap terkenal dan dipercaya rumornya santak saat ini. Penasaran, kan? Simak ulasan ini deh~

1. Salah satu mitos yang paling terkenal adalah yang satu ini. Kalau dipikir sih lurus juga, bayangin aja kamu buka payung di dalam rumah. Apa nggak menuh-menuhin seluruh ruangan tuh?

2. Gimana ceriPerkara, cuma makan rempela aja terus bisa bikin jidat jadi hitam? Hmmm, masih jadi mirakel nih kayaknya~

3. Ah, ini sih akal-akalan orang tua zaman dulu nih, agar anaknya sungguh-sungguh bantu-bantu kerjaan rumah sampai akurat-akurat jernih

4. Kalau zaman dulu sih mungkin karena penerangan yang minim banget jadi Skeptisnya malah nggak pas waktu potong kuku. Tapi nggak sampai bikin ibumu meninggal juga kok ????

5. Nggak cuma kusam sampai semengertin sih selurusnya. Bahkan makan sambil tiduran itu bisa bikin kamu meninggal lo kalau misalnya sampai tersedak. Serem!

6. Nah, kalau yang satu ini ada pelajaran baik yang dapat diambil. Mencocol sambal langsung dari cobek itu bikin kamu terkesan serakah, apalagi kalau makan bareng keluarga Luang

7. Kalau bantalnya kotor sih nggak menutup kemungkinan. Tapi mitos ini dibuat biar ngajarin anak-anak berlatih sopan sejak dini. Bantal, kan, buat kepala, bukan buat pantat~

8. Setepatnya nggak cuma jantung sih, tetapi langkah baiknya kalau kamu nggak amat sering makan jeroan karena memang efeknya buruk buat kenormalan

9. Ini juga sering banget diucapkan oleh kakek atau nenek biasanya. Penjelasan logisnya, kalau kamu duduk di pinggir pintu nanti jadi penghalang orang yang keluar masuk ruangan to, ya~

10. Masih terkait dengan sopan santun, duduk di atas meja itu bagi masyarakat kita nggak etis. Makanya diGelisah-Gelisahi dengan narasi bikin deras utang

Bukan namun sekadar mitos, kendati keadilannya nggak ada yang membuktikan secara langsung, namun hal-hal berikut tadi berjibun mengajarkan kita berbagai hal rela. Terlebih dalam urusan sopan santun. FYI aja nih, zaman dulu orang tua kalau ngasih pelajaran moral ke anaknya memang melalui hal-hal seperti ini, jadi kita dibikin lebih mikir. Efeknya tetap membekas sampai sekarang kan? Memang orang zaman dulu mah pinter banget!