breaking news New

3 Jajanan Takjil Khas Kalimantan Dengan Bahan Dasar Santan

Apakah kamu sedang di Kalimantan? Atau akan berkunjung ke Kalimantan? Sepertinya kamu wajib tau 3 jajanan takjil khas Kalimantan, yang bisa bikin kamu lupa sama mantan. Dengan begitu, kamu bisa lebih fokus beribadah di bulan Ramadhan ini.

Tidak hanya kelezatannya yang bikin lupa sama mantan, takjil takjil di Kalimantan ini juga memiliki bahan dasar yang sama yaitu santan. Penasaran? simak penjelasannya berikut ini.

1. Pupudak atau Sunduk Lawang

Sepertinya kamu tidak perlu bingung lagi menentukan mau berbuka puasa dengan apa hari ini, karena kamu dapat menikmati pupudak atau sunduk lawang. Jajanan ini disajikan khas dengan bungkus daun pisang.

Beberapa bahan dasar yang digunakan untuk pembuatan makanan ini adalah santan, gula pasir, pandan, dan yang paling penting adalah beras. Menciptakan cita rasa yang cukup manis, membuat makanan ini sangat digemari oleh berbagai macam kalangan dan usia. Tidak hanya untuk berbuka, beberapa orang juga menikmatinya untuk dijadikan camilan, di luar Bulan Ramadhan.

2. Amparan Tatak

Rekomendasi takjil khas Kalimantan selanjutnya adalah Amparan Tatak. Beberapa dari kamu pasti tidak asing lagi dengan makanan ini. Tidak hanya populer di Kalimantan, makanan ini juga sudah dikenal banyak orang di luar Kalimantan.

Jajanan ini dibuat dengan tepung beras dan buah pisang sebagai bahan utamanya. Kamu juga perlu menambahkan bahan dasar seperti gula pasir dan santan. Kemudian adonan di cetak di dalam loyang.

Jajanan ini memiliki rasa yang gurih cenderung manis, menjadikan jajanan ini sangat cocok dipilih sebagai takjil saat berbuka puasa.

3. Kue Sari Penganten

Tentu sudah tidak asing lagi jika jajanan yang satu ini menjadi salah satu jajanan yang paling banyak diburu saat bulan Ramadhan.

Dari segi tampilannya, kue ini dikenal dengan ciri khasnya yaitu dengan dua lapisan yang berbeda, dimana lapisan pertama berwarna kuning dan lapisan kedua berwarna hijau. Warna hijau dihasilkan dari daun pandan.

Tidak hanya tampilannya yang menarik, jajanan yang satu ini juga memiliki cita rasa yang unik. Bahan dasar yang digunakan adalah tepung beras, santan, telur, air, dan gula. Tekstur nya yang lembut cocok untuk menjadi hidangan berbuka puasa.


Itulah beberapa rekomendasi makanan menu takjil untuk berbuka puasa yang ada di Kalimantan.