breaking news New

Berburu Wisata Kuliner Khas Banjar

Kota Banjar memiliki perkembangan yang sangat pesat. Kota yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Ciamis ini memang menjanjikan wisata kuliner yang beragam. Aneka kuliner khasnya cocok untuk disantap saat berkunjung. Keragaman kuliner yang unik, mulai dari kaki lima hingga kuliner bintang lima, bisa dijadikan pilihan yang tepat saat kamu ingin berburu wisata kuliner. Berikut rekomendasi makanan kota Banjar yang wajib kamu coba.

1. Pepes Lubang
Pepes lubang menjadi makanan khas dari Banjar yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Olahan yang berasal dari belut ini sangat menggugah selera, lantaran perpaduan bumbu atau rempah pilihan lalu dikukus sedemikian rupa. Aromanya yang begitu menggugah, ternyata berasal dari daun kemangi serta daun bawang yang dimasukkan di dalam bumbunya. Berkat cita rasanya yang begitu khas tersebut, tidak sedikit wisatawan bertandang ke Banjar hanya untuk mencicipi pepes lubang dan membawanya pulang untuk buah tangan.

2. Goreng Manuk
Goreng manuka atau dalam bahasa Indonesia adalah burung goreng merupakan makanan khas Banjar yang menjadi favorit wisatawan. Lezatnya goreng manuk akan membuat lidah kamu bergoyang karena memang rasanya yang enak apalagi ditemani dengan sambal terasi khas Banjar dan lalap mentah. Goreng manuk menggunakan burung pela yang diolah dengan cara diungkep hingga benar-benar lembut setelah itu digoreng. Makanya tak heran jika makanan yang satu ini juga sering dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung ke kota Banjar.

3. Nasi Timbel
Kuliner selanjutnya adalah nasi timbel. Nasi ini mungkin terdengar sedikit seram, namun tidak akan seseram yang kamu bayangkan. Nasi ini adalah nasi putih yang disajikan dengan lauk seperti lalapan, telur, tahu tempe, sambal, kerupuk, dan bawang goreng. Biasanya disajikan dengan cara dibungkus dengan daun pisang yang sudah dilayukan.

Itulah beberapa makanan khas kota Banjar yang sayang sekali kamu lewatkan jika berkunjung ke kota Banjar. Kamu akan dengan mudah menemukan kuliner tersebut di kota Banjar.